Kamis, 15 Maret 2012

Benua AUSTRALIA


BENUA AUSTRALIA
    
        Tapi secara geologis, karakteristik benua Australia terdiri atas daratan tempat negara Australia berada, juga negara-negara di sekitarnya yang memiliki kesamaan karakteristik geologisnya. Jadi secara geologis, karakteristik benua Australia di antaranya terdiri atas wilayah negara Australia, pulau Tasmania, pulau Aru, dan pulau Raja Ampat.
Laut Arafura di antaranya memisahkan wilayah-wilayah tersebut. Karakteristik benua Australia dapat kita temukan pada wilayah yang menjadi bagian dari benua tersebut.
Secara geologis berpisahnya wilayah pada benua Australia dapat dijelaskan sebagai berikut. Saat zaman es pleistosen berlangsung, terjadi penurunan permukaan air laut, yang berlangsung hingga 18.000 SM.
Saat itu, benua tersebut masih berupa daratan yang menyatu, tidak terpisahkan oleh lautan atau apa pun. Kemudian, dalam 10.000 tahun terakhir, terjadi peningkatan permukaan air laut sehingga menggenangi daratan yang lebih rendah dari permukaan air laut. Inilah karakteristik benua Australia yang unik.
Akibatnya benua Australia terpisah-pisah, seperti yang kita ketahui sekarang ini. Dengan karakteristik benua Australia yang memiliki daratan semi tandus, serta terdapat dua pulau yang terdiri atas pegunungan, yaitu New Guinea dan Tasmania.

Karakteristik Benua Australia

Sebagai benua dengan luas terkecil di antar benua-benua lainnya, karakteristik benua Australia dikatakan pula sebagai benua dengan populasi paling jarang. Benua Australia memiliki luas sekitar 8.560.000 kilometer persegi. Sebelum terpisah-pisah seperti sekarang ini, wilayah benua Australia disebut dengan lempengan Australasia. Hal ini juga merupakan karakteristik benua Australia yang unik dan berbeda.
Kemudian, penamaan tersebut diubah karena wilayah tersebut meliputi juga wilayah New Zealand yang tidak memiliki kesamaan, baik secara geografis maupun geologis. Selanjutnya wilayah benua Australia tersebut dinamakan dengan Australia Besar (Greater Australia).  
Nama tersebut berubah kembali menjadi Lempengan Sahul (Sahul Shelf), Meganesia (Great Island), Australinea, hingga dikenal nama benua Australia seperti sekarang ini.
Karaktersitik benua Australia ditandai dengan karakteristik khusus daratan utama, yaitu kondisi tanah yang cukup tua dengan sedikit kesuburan; serta semi tandus.
Semakin ke utara, kondisi alam benua Australia mirip dengan kondisi alam daerah tropis, tapi terdapat pula daratan yang ditumbuhi oleh kayu-kayuan, rerumputan, dan juga terdapat daerah gurun.
Hampir sekitar tiga per empat wilayah benua Australia merupakan daerah gurun atau daerah semi-tandus (semi arid zone). Selain itu, di daerah utara tersebut ditemukan pula daerah pegunungan batu. Kemudian semakin ke arah selatan, kita dapat menemukan wilayah yang banyak ditumbuhi oleh rerumputan, seperti di daerah Ord Victoria Plain.
Karaktersitik benua Australia dikenal memiliki iklim yang dipengaruhi oleh arus lautan yang terdapat di sekitarnya. Sehingga karakteristik benua Australia sering ditandai dengan terjadi musim kering (kemarau) secara periodik, juga diikuti oleh musim penghujan yang terjadi setiap tahunnya.
Semakin ke utara, wilayah benua Australia memiliki iklim yang berbeda secara umum, yaitu lebih dipengaruhi oleh iklim penghujan yang panas (monsoon). Sedangkan akibat adanya tekanan udara tropis, menyebabkan bagian utara benua ini kerap diterjang oleh angin siklon. Hanya wilayah yang berada di bagian baratdaya benua Australia, mengalami iklim mediterania,

Karakteristik Benua Australia - Flora dan Fauna

Karaketeristik benua Australia dikenal memiliki populasi fauna berupa hewan berkantong (marsupial), seperti kanguru. Selain itu terdapat pula beragam jenis burung yang banyak terdapat di benua tersebut, juga beberapa dinyatakan sebagai jenis hewan langka (endemik), seperti kasuari.
Hal ini disebabkan wilayah benua Australia yang nyaris terisolasi dari wilayah benua lainnya, juga temperatur yang nyaris tidak berubah saat terjadi perubahan zaman. Tidak seperti yang terjadi di benua-benua lainnya yang cenderung terjadi penurunan suhu.
Diakibatkan oleh hal yang sama juga berlaku pada jenis flora di benua Australia, yang cenderung endemik. Tidak adanya aktivitas gunung berapi, membuat kondisi tanah di benua Australia menjadi kurang subur dan bisa dikatakan sebagai tanah yang sudah berumur tua.
Karenanya benua Australia kurang kaya akan flora, hanya berupa jenis rerumputan dan tanaman yang bisa bertahan di lahan semi-tandus atau lahan gurun. Sementara itu, kita dapat pula menemukan jenis tumbuhan yang dapat meranggas setiap tahunnya, karena adanya penanaman pohon-pohon jenis tersebut pada era masa kini di benua Australia.
Sebagian flora yang berasal dari hutan hujan tropis dapat pula kita temukan di daerah New Guinea yang awalnya berasal dari lempengan Eurasia.

Karakteristik Benua Australia - Geografi dan Iklim

Karakteristik benua Australia yaitu benua ini terletak di atas Lempeng Indo-Australia, dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Samudra Fasifik, dipisahkan dari Asia oleh Laut Arafura dan Laut Timor. Selain itu, krakteristik benua Australia juga bisa dilihat dari luas daratan Australia yaitu sekitar 7.617.930 km² dan merupakan benua terkecil di dunia.
Kepemilikan dan ketepencilan Australia membuat kawasan ini disebut sebagai “benua pulau dan dianggap sebagai pulalu terluas di dunia. Inilah karakteristik benua Australia yang unik dan berbeda. Karakteristik bernua Asutralia juga dapat dilihat dari garis pantai yang dimiliki negara ini, yaitu sepanjang 34.218 km (tidak termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua) serta pengakuan perlauasan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km². Namun,  Zona Ekonomi Eksklusif ini berlum termasuk Teritorial Antarktika Australia. Berdasarkan letaknya, Australia berada atau terletak di antara 9° LS dan 44° LS, dan 112° BT dan 154° BT.
Karakteristik benua Australia dikatakan unik dan berbeda karena memiliki terumbu karang terbesar di dunia bernama Karang Penghalang Besar yang berada di dekat pantai timur laut memanjang hingga 2.000km. Karakteristik benua Australia juga ditandai dengan adanya monilit terbesar di dunia, Augustus yang ada di kawasan Australia bagian barat. Ada juga Gunung Kosciuszko setinggi 2.228 m yang terletak di Pegunungan Pemisah Besar dan disebut sebagai gunung tertinggi di benua Australia walaupun Puncak Mawson di kawasan Australia-Heard Island lebih tinggi, yaitu sekitar 2.745 m.
Karakteristik benua Australia adalah benua terdatar di dunia dengan lapisan tanah yang tertua dan tudak terlalu subur dan benua yang didominasi oleh gurun atau tanah yang agak gersang (pedalaman). Karakteristik benua Australia yang unik adalah benua ini terkering yang ditinggali oleh manusia dan hanya bagian tenggara serta tepian barat daya yang memiliki iklim sedang. Kepadatan polulasi di Australia juga menjadi bagian dari karakteristik benua Australia. Dengan 2,8 jiwa per kilometer persegi, menjadikannya sebagai salah satu yang terkecil di dunia.
Banyaknya gurun dan pegunungan juga menjadi karakteristik benua Australia yang unik. Di Australia Timur, ada Pegunungan Pembagi Besar yang bentuknya memanjang sejajar dengan pesisir Queensland, New South Wales, dan sebagian besar Victoria. Selain itu, karakteristik benua Australia lain adalah berupa hutan iklim sedang Australia Timur dan Sabuk Brigalow di antara pesisir. Karakteristik benua Australia ini termasuk dataran barat New South Wales dan Tanah Tinggi Einasleigh, Dataran Tinggi Barkly dan Tanah Mulga pedalaman Queensland. Karakteristik benua Australia yang terakhir adalah hutan hujan tropis di Semenanjung Tanjung York, titik paling utara pesisir timur.

1 komentar:

  1. Lucky Club: The world's largest independent casino site
    Lucky Club is a brand new and innovative online gaming platform established in 2018. We provide you with luckyclub a great gaming experience through our unique platform License: Curacao, Gibraltar (CA), UKGC License: CGA, Romania

    BalasHapus